Kota Bersahabat

Saya baru saja kembali dari perjalanan ke Yogyakarta dan Magelang. Sudah lama saya tidak ke daerah Jawa Tengah Jawa Timur sana, sehingga tidak menyadari betapa rindunya saya pada kota-kota ini. Yang mengesankan adalah penduduknya. Selama tiga hari di sana, tidak ada satupun yang tidak ramah saat melayani saya, mulai dari tukang parkir, penjaga toko, pelayan rumah makan, bahkan hingga tukang sapu. Entahlah, mungkin karena bahasa mereka yang enak didengar, atau mungkin memang pembawaan mereka yang ramah. Sangat jauh berbeda dengan penduduk kota-kota lain yang pernah saya kunjungi, misalnya Jakarta, Bandung, Bogor, Lampung, Surabaya, Medan, ataupun Guangzhou, dan masih banyak kota-kota lainnya.

Ada kejadian menarik yang membuat saya bisa berpikir seperti ini. Sewaktu hendak membeli oleh-oleh di sebuah toko besar, ada seorang karyawan yang mungkin baru, sehingga masih latihan di mesin kasir. Saya menaruh banyak bungkusan di meja kasir, menunggu dihitung. Inginnya cepat-cepat selesai dan meluncur mengejar pesawat ke bandara, namun si karyawan baru ini lambat sekali. Selain itu, dia membuat kesalahan, hingga harus mengulang dari awal. Anehnya, saya seperti terbius, dan sama sekali tidak kesal. Karyawan baru itu, beserta dua rekannya dengan nada halus berbicara satu sama lain saling membantu, menghitung satu-satu. Saat dia melakukan kesalahan, rekannya tertawa dan menolong dia. Saya benar-benar terperangah melihat ini. Baru kali ini saya tidak kesal melihat ulah karyawan yang salah-salah.

Dan faktor lain yang tidak kalah penting, sudah jelas adalah makanannya. Biasanya saya tidak berselera makan pagi. Tetapi di sana, saya bahkan makan nasi dengan lahap. Menu-menunya beragam dan rasanya sangat kental Jawa. Ditambah suasananya yang menyenangkan dan penduduknya yang ramah, wah selera makan saya jadi berlipat.
Semoga saya bisa sering-sering ke sana untuk berlibur~

Leave a Reply

